Percepatan Pembangunan Kawasan Medan Utara Segera Dilakukan

barometersumut.com/Medan

Pemko Medan akan segera melakukan percepatan pembangunan di kawasan Medan Utara. Sejumlah langkah-langkah yang akan dilakukan telah dipersiapkan, terutama  terkait konsep modernisasi Belawan ke depan sesuai dengan arahan Menteri  Kordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Ir Hata Rajasa.

Demikian diungkapkan Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM  dalam acara berbuka puasa bersama dan Safari Ramadhan 1433 H di halaman Kantor Camat Medan Belawan Jalan Cimanuk Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan.

“Ini menunjukkan betapa besar komitmen saya beserta  jajaran Pemko Medan dalam rangka percepatan pembangunan di kawasan Medan Utara.Langkah yang akan dilakukan itu salah satunya adalah membenahi dan memperbaiki infra struktur,” kata Wali Kota.

Direncanakannya, Jalan Kol L Yos Sudarso mulai kawasan Pulo Brayan sampai Belawan akan dibuat 4 lajur dengan 2 jalur. Jika ini sudah diberlakukan, ,maka kenderaan tidak diperbolehkan satu pun parkir di sepanjang pinggir jalan. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi tingginya tingat kemacetan, sebab kenderaan yang parkir di pinggir jalan menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan , di samping kecilnya ruas jalan.

Kemudian, Wali Kota ingin menjadikan kawasan Sicanang menjadi taman mangrove. Di lokasi itu akan dibangun dermaga kecil berikut tempat jajanan kuliner sehingga menjadi lokasi wisata yang menarik.Lalu, perluasan Pelabuhan Belawan dan menjadikan puskesmas di Medan Labuhan menjadi rumah sakit tipe D.

“Belawan harus dimodernisasi. Untuk itu kita akan membangun Pasar Kapuas Belawan. Lalu membangun tembok untuk menahan air laut pasang. Jika tahun ini dana dari pusat tidak turun, maka kita anggarkan dalam APBD Tahun Anggaran 2013. Kita harus cepat dan tidak mau lama-lama lagi,” ungkapnya.

Selain itu Wali Kota mengaku sudah menjalin kerjasama dengan salah satu investor yang akan membangun tempat permainan anak-anak terbesar di Indonesia.Lokasinya direncanakan di kawasan Medan Labuhan dan dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 50 hektar.

“Semula investor itu ingin membangun tempat permainan anak seperti Trans Studio Bandung di Sidoarjo. Namun niat itu urung dilaksanakan, sang investor lebih tertarik untuk membangunnya di Kota Medan . Dalam waktu dekat ini, sang investorakan melakukan ekspose,” jelasnya.

Untuk mendukung rencana itu semua , Wali Kota minta dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mendapatkan dukungan, tentunya harus ada jembatan hati antara pemerintah dengan masyarakat. Salah satu upaya membangun jembatan hati itu dengan memperbanyak silaturahmi.

“Jadi berbuka puasa berasama dan Safari Ramadhan dengan warga Belawan merupakan kesempatan untuk membangun silaturahmi dengan masyarakat di bulan Ramadhan. Di luar bulan Ramadhan, saya juga melakukan Safari Jumat, Safari Maghrib dan Safari Subuh untuk membangun silaturahmi dengan masyarakat,” paparnya.

Selain dirinya, Wakil Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin dan Sekda Ir Syaiful Bahri pada waktu yang bersamaan juga melaksanakan buka puasa bersama dan Safari Ramadhan di Kecamatan Medan Marelan dan Kecamatan Medan Labuhan. Diharapkannya kegiatan yang dilaksanakan itu mampu membangun silaturahmi dengan masyarakat.

Sebelum berbuka puasa bersama, Wali Kota didampingi Ketua Dewan Kota Drs H Afifuddin Lubis serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medanmemberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu warga setempat. Kemudian, menyumbang untuk pembangunan Masjid Baiturahim dan Masjid Jamik Belawan, masing-masing masjid mendapatkan bantuan sebesar Rp.30 juta.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: