Wali Kota Ingin Camat dan Lurah Lakukan Perubahan

barometersumut.com/Medan

Selang beberapa jam usai melakukan pelantikan, Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM mengumpulkan seluruh camat dan lurah di pendopo rumah dinas Jalan Sudirman Medan.  Kepada seluruh pejabatnya yang  memimpin wilayah kelurahan dan kecamatan itu, Wali Kota  menekankan untuk melaksanakan amanah yang telah dipercayakan itu dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab. Untuk itu camat dan lurah, terutama yang baru dilantik diberi waktu selama tiga bulan untuk dapat melakukan perubahan di wilayah tugasnya masing-masing.

“Saat ini saya sudah hampir selesai  melakukan rotasi  maupun penyegaran terhadap para camat, kemudian menyusul lurah. Yang saya inginkan saat ini adalah camat dan lurah yang bertanggungjawab dan mau bersama-sama membangun kota ini. Karenanya, pertemuan ini sangat penting sekali bagi saya,” kata Walikota.

Itu sebabnya Wali Kota sempat marah, sebab masih ada beberapa lurah yang tidak hadir meski pertemuan telah ditetapkan jadwalnya. Karenanya, Wali Kota memerintahkan kepada camat  yang lurahnya belum hadir untuk melaporkan nama-nama lurah yang tidak hadir.

Untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik, Wali Kota mengistruksikan kepada camat untuk melakukan konsolidasi dengan seluruh lurah yang ada di wilayahnya . ”Saat ini kita sudah lari 75. Untuk itu kinerja camat dan lurah harus lebih baik dan cepat lagi untuk mengimbanginya.  Untuk itu  camat dan lurah saya beri waktu tiga bulan. Artinya, dalam waktu tiga bulan harus ada perubahan yang dilakukan di wilayah tugasnya masing-masing. Terus terang saya tidak mau kompromi lagi,” tegasnya.

Khusus untuk Lurah, Wali Kota memberikan 4 penekanan yang harus segera dilakukan. Pertama, setiap lurah harus benar-benar mampu menguasai wilayahnya. Kedua, setiam lurah harus mampu  menjalin kerjasama dengan lurah-lurah lainnya. Ketiga, harus mampu menjaga wibawa di mata kepala lingkungan (kepling) dan masyarakat. Keempat,  secepatnya melakukan perubahan di wilayah kerjanya masing-masing.

Terkait dengan masalah kebersihan, Wali Kota mengingatkan baik camat dan lurah untuk tidak main-main. Orang nomor satu di Pemko Medan ini kembali menegaskan dkirinya tidak pernah kompromi dengan masalah kebersihan. Jika  ditemukan ada wilayah yang tidak bersih akibat ketidakpedulian camat dan lurah, langsung dilambil tindakan tegas. “Untuk masalah kebersihan, sampai kapan pun saya tidak akan pernah kompromi,”  ujarnya.

Lalu, Wali Kota , memerintahkan seluruh lurah untuk membuat  peta  dan jadwal terkait pengangkutan sampah-sampah rumah tangga. Diharapkannya, peta dan jadwal itu harus sudah diselesaikan dalam bulan (Juli)  ini. Setelah selesai langsung disosialisasikan kepada seluruh masyarakat di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian masyarakat akan mengetahui jadwal pengakutan sampah, sehingga tidak mengeluarkan lagi sampah di luar jadwal yang telah ditetapkan.

Pertemuan Wali Kota dengan camat dan lurah ini turut dihadiri Sekda ir Syaiful Bahri, Tim 9 yang selama ini dpercayakan menangani masalah kebersihan di Kota Medan, asisten serja sejumlah pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemko Medan.  Sebelum mengakhiri pertemuan, Wali Kota mengingatkan camat dan lurah agar tidak mengendurkan kinerja menyusul datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: