Sambut Harteknas, Pemko Medan Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

barometersumut.com/Medan

Dalam rangka memperingati  Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke-17, Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan  (Balitbang) Kota Medan menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk tingkat SD, SLTP, SLTA, Mahasiswa maupun masyarakat umum se-Kota Medan.  Bagi pemenang karya tulisan ilmiah ini akan mendapatkan laptop  dan note book.

“Tema LKTI adalah pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi masyarakat.  Perlu diketahui  karya tulisan ilmiah yang bisa mengikuti  lomba ini belum pernah dimuat di media massa,” kata  Kepala Balitbang Kota Medan Lahum  SH didampingi Kabag Humas Budi Hariono SSTP di Balai Kota, Rabu (13/6/2012).

Bagi yang berminat mengikuti perlombaan ini, jelas Lahum, harus mengisi  formulir berisi bio data. Kemudian,  menyerahkan pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar kepada panitia LKTI. Krya tulis dibuat dalam bentuk soft copy dan hard copy  (soft copy disimpan dalam CD). Dalam karya tulis ilmiah yang dikirimkan untuk mengikuti lomba harus dicantumkan nama , alamat, tingkat pendidikan dan nomor telepon/handphone  penulis.

Mengenai tata cara pendaftaran, Lahum mengatakan  cukup mudah. Peserta cukup datang membawa persyaratan  yang telah ditentukan tadi dan mengisi formulir pendaftaran di  Sekretariat LKTI yakni Kantor Balitbang  Jalan Kapten maulana Lubis Medan (Kantor Walikota Medan). Sedangkan pendaftaran dan pengiriman naskah sudah dimulai sejak 11 Juni  dan berakhir 4 Juli mendatang.

Dijelaskan Lahum, sistematika karya tulis meliputi pendahulaun yang berisi penilaian atas latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan, kerangka teori dan metode penulisan. Selanjutnya, bagian isi/pembahasan yang berisi penilaian atas identifikasi  masalah, analisis masalah dan data penunjang. Yang terakhir adalah bagian akhir/penutup harus mengandung kesimpulan dan konsisten dengan analisis permasalahan yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan. Dan bagian akhir ini juga harus memuat daftar pustaka.

Di samping itu, tambahnya, karya tuli juga harus memperhatikan beberapa hal seperti pemakaian bahasa yang meliputi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar  sekaligus efektif serta efisien dan teknik penulisan, ,isalnya penggunaan tanda baca. Lalu, karya tulisan harus memperhatikan topic. Artinya, topic harus relevanmsi dengan realita kehidupan social atas tema  yang ditentukan panitia. Serta pencantuman sumber data, hal ini terkait relevansi sumber-sumber bacaan dengan pembahasan topikpemamasalahan dan formal penulisan daftar pustaka maupun kutipan yang benar.  

Untuk kriteria penilaian, Lahum mengatakan  terdiri dari dua aspek yakni naskah karya tulis dan presentasi karya tulis.  “Presentasi karya tulis ini dilakukan bagi penulis yang lolos 5 besar finalis. Untuk penilaian dilakukan  oleh juri yang telah ditetapkan oleh panitia lomba. Lima finalis akan diseleksi dan mendapat kesempatan  untuk mempresentasikan  karyanya di depan dewan juri, peserta yang lolos akan dihbungi panitia,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri  penjelasannya, Lahum mengatakan pengumuman 5 besar akan dilaksanakan pada 18 Juli, sedangkan presentasi digelar 24 Juli dan penyerahan hadian 10 Agustus. “Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya, silahkan hubungi panitia LKTI Kota Medan di Kantor Balitbang,” pungkasnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: