Kumandang Azan Iringi Keberangkatan Wali Kota Umrah

barometersumut.com/Medan

Suara kumandang azan mengiringi keberangkatan Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM bersama istri Hj Yusra Siregar beserta  keluarga  dari  pendopo rumah dinas Jalan Sudirman Medan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci Mekah, Senin (16/7/2012) pagi.   Sejumlah pimpinan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Medan yang juga bersama istri, ikut bersama mendampingi  dalam  melaksanakan ibadah sunnat tersebut.

Adapun pimpinan SKPD yang ikut mendampingi Wali Kota beserta keluarga yakni Kadis Bina Marga Ir Gunawan Surya, Kadis Kebersihan Pardamean Siregar, Kadis Pertamanan Drs Erwin Lubis dan Kepala Balitbang Drs Hasan Basri. Rencananya, Wali Kota melaksanakan ibadah umrah selama sepuluh hari.

Sebelum berangkat, Wali Kota mengadakan acara doa bersama dengan beberapa ulama bersama dewan kota, staf ahli, pimpinan SKPD serta camat se-Kota Medan. Doa bersama ini digelar untuk minta doa restu  agar diberi  kekuatan dan kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah umrah dengan khusuk.

Acara  ini  lebih dahulu diawali dengan sarapan pagi bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qu’ran.  Diteruskan dengan kata sambutan pelepasan keberangkatan disampaikan Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi.  Kepada Wali Kota  beserta keluarga dan rombongan yang akan berangkat, Eldin  mendoakan semoga selamat sampai tujuan dan dapat melaksanakan ibadah umrah dengan khusuk.

“Kami pun mendoakan  sekembalinya Bapak Wali Kota beserta keluarga dan rombongan dari tanah suci seluruhnya  dalam kondisi sehat waalfiat tanpa kurang satu apapun. Di samping itu kami di sini  juga minta didoakan agar dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing dengan penuh keikhlasan,” ungkap Eldin.

Setelah itu Ny Yusra Siregar  kepada seluruh yang hadir menyampaikan permintaan maaf atas nama pribadi dan  keluarga. Kemudian, dia juga minta didoakan semoga keberangkatan dan ke pulangan dari tanah suci terus dilindungi Allah SWT, serta diberi kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah umrah dengan khusuk dan tawakal. “Mari kita semua saling memaafkan. Apalagi sebentar lagi kita akan menjalani ibadah puasa. Untuk itu saya sekali lagi mohon maaf dan minta izin,” ujar Hj Yusra.

Acara diteruskan dengan pembacaan doa yang disampaikan  KH Amiruddin MS. Usai doa, azan pun berkumandang mengiringi Wali Kota beserta keluarga dan sejumlah pimpinan SKPD  menuju Bandara Polonia Medan untuk selanjutnya berangkat ke tanah suci Mekah disertai salam-salaman. Ketika berada di Bandara Polonia, Wali Kota mendapat ucapan selama dari tokoh nasional Akbar Tanjung dan anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat Sultan Batoegana  yang kebetulan hendak berangkat ke Jakarta.

Sebelum berangkat, Wali Kota kepada wartawanm mengungkapkan keberangkatannya pagi ini bersama istri, keluarga dan rombongan untuk menunaikan ibadah umrah mulai 16-23 Juli. Untuk itu dia mohpn doa restu dari seluruh warga Kota Medan sehingga dapat menjalankan ibadah umrah dengan baik.

Berhubung dengan datangnya bulan suci Ramadhan dalam beberapa hari ini, Wali Kota berdoa dan menghimbau kepada seluruh masyarakat dalam menjalani bulan puasa dengan penuh hikmat, khususk dan tawaduk. “Kepada seluruh warga, saya mengajak untuk terus mengembangkan sikap toleransi yang  cukup lagi. Mari kita menghormati saudara-saudara  kita yang menjalani ibadah puasa. Ini yang perlu kita cerminkan, sebab  itu merupakan cirri khas kita sebagai kota yang multikulturalisme.

“Kebahagian kita adalah bagaimana membangun kota ini dengan penuh ketenangan, kenyamanan dan kedamaian. Saya pun sudah sering menyampaikan dalam berbagai kesempatan bahwa perbedaan-perbedaan diantara kita, termasuk suku dan agama ini merupakan kekayaan dan modal  bagi kita dalam membangun masyarakat Kota Medan lebih baik dan  berdaya saing pada masa yang akan datang. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan rahmat-Nya kepada kita.  Selama kami menjalankan ibadah umrah semoga diberikan kekuatan lahir dan batin sehingga dapat menjalankannya dengan baik,” harapnya.

Bagi warga yang akan menjalani ibadah puasa, Wali Kota mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. “Saya juga menyampaikan permohonan maaf, bila sampai saat ini masih belum mampu memenuhi semua keinginan masyarakat Kota Medan,” ungkapnya.

Selain Wakil Wali Kota, acara pelepasan keberangkatan ini turut dihadiri  Ketua DPRD Medan Anmiruddin, Sekda Ir Syaiful Bahri, Dewan Kota, Staf Ahli Asisten,  Kepala Badan, pimpinan SKPD, Kepala Bagian, Camat,  sejumlah Lurah, serta sejumlah ulama.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: