Kementerian Perdagangan Berikan Penghargaan kepada Pemko Medan

barometersumut.com/Medan

Pemko Medan kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Rabu (13/6/2012), Wakil Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi   menerima  penghargaan  award Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen karena telah menunjuukkan dedikasi dan kinerja yang baik dalam rangka menegakkan perlindungan konsumen di Indonesia.

Penghargaan award dalam bentuk piala dan sertifikat itu diserahkan langsung Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan di Hotel Mercure Jalan Pantai Indah Ancol Jakarta Baycity, Jakarta Utara. “Penghargaan yang diberikan Menteri Perdagangan kepada Pemko Medan ini  atas penilaian kinerja

yang baik dalam rangka penyelesaian sengketa konsumen melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Medan. Artinya, seluruh persoalan  yang dialami konsumen  oleh konsumen di Kota Medan dapat diselesaikan dengan baik,” kata Wakil Walikota setibanya di VIP Bandara Polonia siang menjelang petang kemarin.

Dalam melakukan penyelesaian sengketa,  Wakil Walikota  yang disambut Sekda Ir Syaiful Bahri, Wakil Ketua DPRD Medan Sabar S Sitepu, Asisten, serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan menjelaskan BPSK Kota Medan tidak hanya menyelesaian sengketa yang dialami warga Kota Medan tetapi juga warga dari daerah lainnya  karena  belum memiliki lembaga seperti BPSK ini. “Insya Allah semua sengketa dan persoalan hukum yang dialami warga dari daerah lain bisa diselesaikan. Inilah yang menjadi salah satu  factor penilaian,” ungkapnya.

Dari penilaian yang dilakukan terhadap 45 kota di Indonesia, lanjutnya,  ada 15 kota yang terpilih untuk mendapatkan penghargaan. Namun yang berhasil mendapatkan piala dan sertifikat hanya lima kota, salah satunya Kota Medan. Sedangkan yang 10 kota lagi hanya mendapatkan sertifikat. Ini tentunya sangat membanggakan bagi kita. Apalagi  penghargaan seperti ini merupakan yang pertama kali diraih Pemko Medan,” paparnya.

Untuk itulah Wakil Walikota  mengajak mensyukuri atas keberhasilan yang diraih ini. Dijelaskannya, keberhasilan ini diraih  berkat pembinaan yang dilakukan Walikota Medan  terhadap BPSK Kota Medan. Meski demikian dia mengingatkan apa yang diraih ini jangan langsung membuat puas tetapi harus dijadikan motivasi untuk  terus meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan pelayanan lebih baik lagi bagi masyarakat selaku konsumen.

“Kita harapkan BPSK Kota Medan harus terus melayani dan menyahuti keluhan-keluhan dari konsumen. Seluruh keluhan maupun sengketa yang disampaikan konsumen harus dapat diselesaikan lebih baik lagi  ke depannya. Untuk mendukung  kinerja itu, kita harus menyiapkan sarana dan prasarananya sehingga mereka merasa tenang dan nyaman dalam memberikan pelayanan kepada konsumen,” ujarnya

Terkait dengan kriteria penilaian yang dilakukan, Wakil Walikota mengungkapkan menyangkut masalah administrasi, kondusifitas lembaga serta bagaimana pelayanan yang diberikan  kepada konsumen dan menyelesaikan  keluhan-keluhan yang disampaikan.  Dari kriteria itu Kota Medan memiliki bukti tertulis yang ada sama dewan juri.  Sementara dewan juri berasal dari pihak indpenden, artinya tidak hanya berasal dari kalangan Departemen Perdangangan tetapi juga dari kalangan akademisi.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: