Dishub Medan Segera Operasikan Trans Medan

barometersumut.com/Medan

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan  akan segera  mengoperasikan sistem angkutan  umum massal (Trans Medan) sebagai salah satu upaya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu akan diikuti dengan evaluasi terhadap pengaturan arah lalu lintas serta beberapa kebijakan lainnya.

Demikian disampaikan Kadishub  Medan Renward Parapat ATD MT kepada wartawan di Balai Kota Medan, Selasa (17/7/2012) petang. “Semua ini akan dilakukan secara cermat dan penuh pertimbangan  yangn tentunya berdasarkan kajian-kajian ilmiah,” kata Renward.

Selanjutnya untuk mengatasi  persoalan traffic light yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat pengguna jalan, Renwar mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan pengaturan persimpangan dengan menggunakan Sistem ATCS. Dalam system ini masing-masing traffic  light akan memiliki siklus secara fleksibel. Artinya, menyesesuaikan dengan jumlah kenderaan yang melintasinya serta terkoordinasi antar persimpangan.

“Dengan system ATCS ini Akan sangat bwerdampak kepada penghematan waktu, khususnya dari sisi pengurangan delay di persimpangan. Selain itu kita secara rutin akan mengevaluasi kondisi traffic light sehingga tidak ada  yang mati tanpa alasan. Kemudian mensetting ulang siklus optimal  masing-masing traffic light dis eluruh perimpangan di Kota Medan,” ungkapnya.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H, Renward  menegaskan seluruh staf Dishub  akan  diturunkan guna berperan aktif dalam melancarkan arus lalu-lintas, baik di seputaran kawasan digelarnya Ramadhan Fair maupun lokasi-lokasi  jajanan sore untuk berbuka puasa maupun masjid-masjid yang melakukan aktifitas massal.

Sejak  dipercayakan Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menjabat sebagai Kadishub Medan sekitar tiga minggu lalu, Renward  mengaku telah  mengambil sejumlah langkah  untuk menjadikan Dishub menjadi lebih baik lagi. Di antaranya, melakukan konsolidasi internal baik kepada jajaran staf yang bertugas  di kantor, pengujian, terminal maupun lapangan. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat para staf guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kemudian, konsolidasi eksternal khususnya kepada jajaran instansi terkait baik Satrlantas  Polresta Medan, satpol PP, Organda maupun yang lainnya. Tujuannya untuk mengajak bersama-sama menyelesaikan satu persatu permasalahan lalu-lintas yang memang membutuhkan penanangan secepatnya.

“Di samping itu kita memperketat operasional kenderaan barang dan menindfak tegas angkutan barang  roda 6 ke atas yang memasuki inti kota sesuai dengan peraturan berlaku. Langkah ini dilakukan sehingga volume kenderaan semakin berkurang dan kecepatan semakin stabil,” jelasnya.

Lalu, lanjutnya,  menindak tegas kenderaan angkutan plat hitam dan beca bermotor yang tidak memiliki izin operasio dari Kota Medan.  Ketegasan ini diharapkan dapat mempengaruhi  penurunan volume lalu lintas dan mampu meningkatkan kelangsungan usaha angkutan di Kota Medan.

Tidak itu saja, Renward pun secara rutin telah mengistruksikan anggotanya untuk melakukan pengawasan dan penertiban terhadap kenderaan yang melakukan pelanggaran parker seperti parker belrlapis maupun kawasan yang dilarang parkir. Salah satu terobosan yang telah dilakukan  dengan menata parkior di kawasan Pajak Ikan Lama. Saat ini  kenderaan  pemilik tokok sudah diarahkan untuk parkir di seputaran Lapangan Merdeka. Di samping itu bongkar muat barang  dilakukan pada jalan-jalan alternative. Dengan demikian lokasi parkir yang tersedia benar-benar diperuntukkan bagi pengunjung dan lalu-lintas di kawasan itu semakin lancar.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: