Sambut Hari Jadi Kota Medan,Pemko Medan Gelar Pengobat Gratis

barometersumut.com/Medan

Didalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Medan ke-422, pihak Pemerintah Kota Medan (Pemko,red)  menggelar bakti  sosial pelayanan kesehatan gratis  untuk 15.000 warga  di lima lokasi berbeda di Kota Medan selama tiga hari. Pengobatan gratis ini  akan dipusatkan di lima lokasi  yakni; Kecamatan Medan Marelan, Kecamatan Labuhan, Kecamatan Medan Area,  Kecamatan Medan Tuntungan dan Kecamatan Ampas.
Dan  untuk pengobatan gratis pertama dilaksanakan pada, Rabu (27/6) yang  dipusatkan di dua lokasi yakni ;Lapangan Sepakbola, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan dan halaman sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Perumnas Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan.
“Kegiatan sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pemko Medan kepada rakyat, sekaligus ungkapan rasa syukur kehadiran Allah SWT karena usia Kota Medan akan memasuki 422 tahun pada 1 Juli mendatang. Dengan demikian ibukota provinsi Sumatera Utara ini akan lebih baik dan maju lagi pada masa yang akan datang,”kata Walikota Medan,Rahudman Harahap saat itu..
Untuk pengobatan gratis ini dilakukan secara terpadu hasil kerjasama Pemko Medan melalui  Dinas Kesehatan Kota Medan, BKKBN, rumah sakit provider serta Yayasan Surya Kebenaran yang dibina oleh R.E.Nainggolan. Adapun penyakit  yang ditangani dalam pengobatan gratis itu meliputi penyakit dalam, penyakit umum serta mata dan gigi.
“Pengobatan gratis ini, kita akan melayani sekitar 15.000 warga.   Apa yang kita lakukan ini sebagai bentuk wujud  kepedulian terhadap rakyat,”ucap Rahudman.
 Diterangkanya,jika dalam pengobatan gratis itu  mengharuskan warga  dirujuk ke rumah sakit rujukan, maka akan langsung ditangani Kadis Kesehatan Kota Medan dan dibantu untuk dirujuk ke rumah sakit provider.  Begitu juga dengan warga yang kehabisan obat, sedangkan penyakit yang diidapnya belum sembuh langsung lapor, disarankan agar segera melaporkan kepada kepala lingkungan dan lurah.
R.E.Nainggolan Mendukung Penuh
Sedangkan,R.E.Nainggolan Pembina Yayasan Surya Kebenaran kepada TOPKOTA mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh atas langkah yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Medan sebagai bagian upaya kepedulian kepada masyarakat.
“Konteks hidup  sehat itu sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat,sehingga langkah yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota Medan didalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Medan ke -422 ini kita mendukung penuh.Karena kita mengetahui kesehatan itu faktor utama sehingga sebuah langkah yang terbaik kita melihat pengobatan kesehata ini,”ucap RE Nainggolan yang saat itu berada di dua wilayah tempat pengobatan digelar.
Sedangkan,Kadis kesehatan Kota Medan ,dr Edwin Effendi menjelaskan, penyelenggaraan bakti sosial ini untuk  menindaklanjuti langsung petunjuk khusus Walikota Medan yang menginginkan agar memberikan pelayanan khusus kepada masyarakat. Atas dasar itulah dibentuklah tim dengan melibatkan seluruh jajaran kesehatan, rumah sakit provider dan rumah sakit yang berada di sekitar lokasi bakti sosial pengobatan gratis dipusatkan.
“Pengobatan gratis ini kita pusatkan di lima lokasi. Dengan kerjasama yang kita lakukan  ini, diharapkan pengobatan  gratis ini bisa menjangkau masyarakat lebih banyak lagi di lapangan. Selain memberikan pelayanan kesehatan umum dan khusus/spesialisasi, kita juga memberikan pelayanan kesehatan gigi, KB, donor darah, uji laboratorium, pemberian alat bantu  kepada penyandang cacat serta kaca mata. Semoga kita dapat memberikan pelayanan maksimal sehingga memuaskan masyarakat,”  ungkap Edwin.
Jika dalam pengobatan gratis ditemukan ada warga yang harus mendapatkan perawatan khusus, Edwin memastikan akan memberikan pelayanan dengan baik dan merujuknya ke RSU Pirnghadi dan rumah sakit provider. Diharapkan, rumah sakit tersebut ikut memberikan pelayanan  sebagai  bentuk wujud  kepedulian, kebersamaan dan ungkapan rasa syukur  dalam menyambut Hari Jadi  ke-422 Kota Medan.

 Adapun jumlah tenaga medis yang diturunkan dalam bakti sosial ini, jelasnya, 40 dokter umum 18 dokter gigi,  6 spesialisasi,  60 tenaga perawat,  ditambah  lagi dengan tenaga apoteker,  pengelolaan pelayanan pelayan rujukan serta melibatkan seluruh petugas di jajaran kesehatan.  Selain itu dilengkapi dengan dukungan sarana pendukung seperti  pemeriksaan laboratorium,  pemeriksaan USG,  pemeriksaan gigi  serta pemeriksaan pendukung lainnya. Untuk  pengobatan gratis, Kamis (28/6), dipusatkan di Kecamatan Medan Area dan Medan Tuntungan. Sedangkan, Jumat (29/6), pengobatan gratis dipusatkan di Kecamatan Medan Amplas.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: