Pemko Medan Raih Opini WTP dari BPK RI

barometersumut.com/Medan

Pemko Medan berhasil mendapatkan opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  setelah  tim auditor  Badan Pemeriksaan  Keuangan Republik Indonesia  (BPK RI) Perwakilan Sumatera Utara mengaudit Laporan Keuangan Pemko Medan  Tahun Anggaran 2011.  Hasil ini tentunya sangat membanggakan, sebab Pemko Medan baru pertama kali ini  berhasil mendapatkan opini WTP.  Sebelumnya, Laporan Keuangan Pemko Medan selalu mendapatkan  hasil opini disclemaerdan Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

                Hal ini terungkap dalam acara penyerahan Laporan Hasil  Pemeriksaan  (LHP) BPK  RI atas Laporan Keuangan Pemko Medan  Tahun Anggaran 2011 di Kantor BPK RI Perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol  Medan, Jumat (9/6). Penyerahan  itu dilakukan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Muktini SH kepada Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM.

                Menurut Muktini, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemko Medan TA 2011 yang diserahkan 20 Maret 2012, pihaknya tidak  mendapatkan temuan yang mempengaruhi kewajaran laporan keuangan.  Atas dasar itulah  Pemko Medan mendapatkan hasil opini WTP. Meski demikian masih ada beberapa hal yang masih perlu diperhatikan  untuk  diperbaiki  kembali.

                Muktini mengakui, hasil yang diraih Pemko Medan  cukup membanggakan. Sebelumnya, Laporan Keuangan  Pemko Medan sering mendapat opni disclemaer  Baru tahun 2010, Pemko Medan berhasil mendapatkan opini  WDP. Berkat perbaikan yang telah  dilakukan, selang setahun Pemko Medan berhasil mendapatkan opini WTP.

                “Harus diingat, WTP ini bukan hadiah dari BPK tapi merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemko Medan. Untuk itu  tidak perlu memberikan terima kasih kepada BPK, berikanlah terima kasih itu kepada jajaran yang telah bekerja keras  memperbaiki laporan keuangan sehingga menjadi lebih baik,” ujarnya mengingatkan.

                Sampai saat ini, lanjutnya, pihaknya telah menyerahkan 16 LHP atas lapaoran keuangan pemerintah daerah T.A 2011. Dari 16 LHP yang sudah diserahkan itu, 3 mendapat hasil opini WTP, termasuk di dalamnya Pemko Medan. Untuk itu dia berharap agar hasil yang telah diraih ini supaya terus dipertahankan dan tingkatkan lagi .

                Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menyambut gembira atas hasil yang diraih Pemko Medan. Dengan keberhasilan ini, diharapkannya dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemko Medan untuk bekerja lebih baik  lagi.Dengan demikians eluruh SKOPD dapat lebih baik, lebih transparan dan lebih akuntabel dalam pengelolaan keuangan.

                Dijelaskannya, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.58 Tahun 2005 pasal 102 ayat (1), laporan keuangan disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 3 bulan setelah anggaran berakhir. Pada  tahun lalu selama lebih kurang empat bulan kepemimpinannya sebagai Walikota Medan dan Drs H Dzulmi Eldin MSi sebagai Wakil Walikota, Pemko Medan meperoleh hasil Opini WTP atas laparan keuangan tahun 2010. Dimana selama beberapa tahun sebelumnya, opini BPK atas lapran keuangan Pemko Medan adalah disclemaer.

                “Bekat kerja keras seluruh jajaran Pemko Medan selama tahun 2011 dan didukung oleh seluruih anggota DPRD Medan yang terhormat, maka opini BPK atas laporan keuangan Pemko Medan  tahun 2011 adalah WTP,” ungkap Walikota.

                Laporan keuangan Pemko Medan Tahun 2011, ungkapnya, terdiri dari Pendapatan sebesar Rp.2.747.359.034.421,34; Belanja Rp.3.041.037.853.628,40; Surplus/Defisit  (Rp.293.678.819.207,06); Pembiayaan Netto Rp.374.351.015.711,38; Saldo Akhir Tahun Rp.80.672.196.504,32; Aset Tetap Rp.22.255.256.494.512,50; Aset Lainnya Rp.81.074.026.816,20 dan Total Aset Rp.22.858.193.509.227,20.

                Kemudian, lanjutnya, hasil yang diraih ini merupakan hasil kerja keras  seluruh jajaran Pemko Medan antara lain Bagian Aset dan Perlengkapan telah melakukan inventrisasi fisik persediaanpada akhir tahun 2011 sebesar Rp.57.549.916.913,38. Selain itu telah melakukan inventarisasi dan revaluasi atas aset tetap, sehingga diketahui posisi aset Pemko Medan berdasarkan kartu inventarisasi barang baik aset yang bergerak seperti mobil maupun aset tidajk bergerak untuk seluruh SKPD. Dengan demikian diketahui jumlah aset Kota medan sebesar Rp.22.255.256.494.512,50.

                “Terhadap seluruh jajaran direksi perusahaan daerah telah melakukan audit atas laporan keuangan perusahaan daerah tahun 2011 melalui kantor akuntan publiK, sehingga Pemko Medan dapat menyajikan metodaakuitas atas penyertaan modal  Pemko Medan pada seluruh perusahaan daerah. Sedangkan melalui inpektorat wilayah telah melakukan verifikasi atas retribusi  kebersihan (sampah),” jelasnya.       

                Di samping itu, imbuhnya,  Badan Pengelola  Keuangan  Pemko Medan telah melakukan penatausahaan yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dicerminkan dengan penutupan hasil kas akhir tahun yang dibantu Inspektoraty Wilayah sebagai satuan pengawas intern Pemko Medan, penutupan kas bendahara pengeluaran dapat dilaksanakan  dengan tepat waktu sehingga saldo kas hanya sebesar Rp.3.650.000.

                Untuk itu Walikota  mengingatkan, meraih prestasi masih lebih mudah dari mempertahankan prestasi. “Untuk itu kita jangan lengah dan terbuai, mari terus bekerja keras untuk pembangunan dan kemamuran rakyat Kota medan sehingga dapat lebih berdaya guna  dn berhasil guna,” punghkasnya.

Sementara itu menurut Ketua DPRD Medan Drs H Amiruddin. Keberhasilan Pemko Medan  mendapatkan opini WTP ini  menunjukkan laporan keuangan Pemko Medan semakin membaik setiap tahunnya. Untuk itu atas nama DPRD dan seluruh warga Kota Medan menyambut baik apa yang telah diraih ini. “Semoga hasil yang diraih ini dapat ditingkatkan lagi sehingga hasilnya bisa lebih baik lagi,” harap Amiruddin.

Selain Walikota dan Ketua DPRD Medan, acara penyerahan Hasil Laporan Pemeriksaan BPK ini juga turut dihadiri Wakil Walikota Drs H Dzulmi Eldin MSi, Sekda ir Syaiful Bahri, Kepala Inspektorat kota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi, Kepala Badan Pengelola  Keuangan Daerah Kota Medan Irwan Ritonga, Asisten Umum Cheko Wakhda Ritonga SH, Kabag Umum M Husni, kabag Humasy  Budi haiono SSTP MAP  serta beberapa pejabat lainnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: