Menteri LH Ingin Generasi Muda Cinta Lingkungan

barometersumut.com/Medan

Menteri  Lingkungan  Hidup (LH)  Republik Indonesia  Prof DR Balthasar  Kambuaya  menyatakan untuk merubah perilaku generasi muda  agar ke depannya  lebih mengenal dan mencintai lingkungan. Untuk  mewujudkannya akan dimulai dari sekolah-sekolah, artinya para siswa sejak tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi akan diajarkan untuk  mengenali  lingkungannya. Dengan cara ini dia optimis akan lahir generasi yang ramah lingkungan.

Keinginan itu disampaikan Balthasar ketika menghadiri acara penanaman pohon sekaligus penyerahan ijazah serta pelepasan alumni  tingkat Aliyah Pesantren Al  Kautsar Al Akbar di Jalan Pelaja Timur. Acara  ini turut dihadiri Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sutan Batoeghana , anggota DPD RI Parlindungan Purba serta mantan Walikota Medan Drs H Abdillah AK MBA.  

“Untuk itu saya menyambut baik dengan kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di Pesantrean Al Kautsar Al Akbar ini. Ini merupakan contoh yang sangat baik. Kita harap ini bisa menjadi model  untuk dikembangkan di sekolah-sekolah di seluruh  Indonesia. Untuk itu kita akan melakukan pembinaan,”  kata Balthasar.

Menurut Balthasar,  rencana itu tidak hanya sebatas dikembangkan di sekolah-sekolah umum tetapi juga  di sekolah-sekolah yang berbasis keagamaan. Dengan demikian para siswanya tidak hanya mengenal akan Sang Pencipta saja tetapi juga  harus mengenali lingkungannya. “Jadi kita akan mendorong agar ini bisa dikembangkan,” ujarnya.

Langkah ini harus dilakukan, lanjutnya, mengingat jumlah penduduk Indonesia saat  sekitar 250 juta jiwa.  Dari total keseluruhan jumlah penduduk itu  umumnya menggantungkan hidup dengan sumber daya alam. Itu sebabnya sumber daya alam harus dipelihara dan dilestarikan sehingga kelangsungan hidup dapat berjalan

Akikibat ketidak pedulian dengan lingkungan, lanjuntya, menyebabkan terjadinya sejumlah bencana di Indonesia, baik itu tanah longsor dan banjir       sehingga menimbulkan kerugian baik moril maupun materil. Untuk itu dia mengajak kepada seluruh yang hadir dalam acara tersebut  agar  mencintai lingkungan.

Pada kesempatan itu Balthasar juga  menyampaikan selamat kepada warga  Kota Medan atas keberhaslan meraih Piala Adipura kategori Kota Metropolitan. Dijelaskannya, keberhasilan yang diperoleh Kota Medan melalui seleksi  sangat ketat lewat penilaian dewan juri  yang berasal dari kalangan indepen, praktiisi lingkungan serta guru besar sehingga penilaian benar-benar objektif.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: